Gerakan OPT Tikus di Desa Sumber Wetan Kec.Jatitujuh kab. majalengka

POPT, koordinator BPP dan supervisor BPP


Pada kali ini kami akan membagikan dokumentasi kegiatan di wilayah kerja kami yaitu kecamatan Jatitujuh Kabupaten Majalengka.  Saya sebagai penulis sekaligus POPT di wilayah kerja, telah melakukan gerakan pengendalian tikus di desa sumber wetan dari mulai pra tanam di musim tanam ke dua ini, bersama dengan para petani dan juga dengan pihak desa dan BPP kecamatan jatitujuh dalam rangka melakukan pembinaan teknis pengendalian yang tepat sasaran. 

Memang di musim sekarang serangan tikus di wilayah desa sumber wetan ini lumayan parah, ini di akibatkan ada beberapa unsur, salah satunya desa sumber wetan merupakan desa yang terakhir melakukan tanam padi di bulan Juni 2023, yang dimana desa- desa lain di sekitar nya sudah mulai memasuki masa panen. 

Selain itu Letak desa sumber wetan yang berbatasan langsung dengan wilayah Kabupaten Indramayu yaitu desa Bodas dan Gadel belum melakukan tanam , baru melaksanakan pengolahan lahan. Ini menjadikan tikus yang bersembunyi di antara dua desa tersebut melakukan migrasi ke daerah desa sumber wetan yang sudah tanam. 

Selain masalah migrasi tikus yang besar2an, ada juga yang menjadi faktor utama terhadap serangan tikus yang sangat masif di desa sumber wetan yaitu telat nya tanam, ini di akibatkan pasokan air yang terlambat masuk ke lahan desa sumber wetan, dikarnakan saluran utama dari saluran cipelang terhambat karena adanya pembangunan perbaikan saluran oleh pihak BBWS. 

Nah jadi disini kami tidak akan menyalahkan pihak manapun dalam kejadian luar biasa ini, namun akan menjadi bahan evaluasi kami di tim BPP kec. Jatitujuh dan POPT kec. Jatitujuh. Supaya kedepan tidak ada lagi kejadian seperti ini. 

Rencana kedepan mungkin kami akan mendorong para ketua kelompok bersama pihak desa  melakukan tanam secara serempak minimal dalam satu hamparan jangan lebih dari 1 minggu perbedaan tanam nya. 

Yang selanjutnya kami akan berkoordinasi dengan pihak dengan desa2 yang berbatasan langsung dengan desa sumber wetan agar melakukan gerakan pra tanam termasuk desa gadel dan desa bodas yang berada di wilayah kabupaten Indramayu. 

Terus ke depan juga kami akan mendorong pengendalian Tikus yang ramah lingkungan salah satunya dengan pembuatan rumah burung hantu di hamparan sawah. 

Adapun kami menyampaikan Terima kasih kepada pihak pihak yang telah bersama2 mengendalikan serangan tikus ini yaitu para ketua poktan desa sumber wetan pihak desa sumber wetan (pa kepala Desa) dan juga tim dari BPP yaitu koordinator BPP, supervisor BPP dan juga POPT kecamatan Jatitujuh. 

Diakhir kami akan menyajikan dokumentasi kami dalam rangka gerakan pengendalian tikus desa sumber wetan kecamatan Jatitujuh. 


Koordinasi gerakan dengan kepala desa dan para ketua kelompok tani 





Gerakan pengendalian tikus desa sumber wetan : 









Komentar

Archive

Formulir Kontak

Kirim